Rizal1979's Blog


TIPS/ TEKNIK MENCARI JODOH/PASANGAN
Januari 13, 2010, 6:52 PM
Filed under: Uncategorized | Tag: , ,

Setiap orang yang normal jika sudah sampai usia dewasa, pasti menginginkan pendamping / isteri yang akan mendampinginya dalam mengarungi bahtera kehidupan di dunia ini. Isteri mempunyai peranan yang amat penting bagi seorang laki-laki, karena isteri adalah tempat berbagi suka dan duka, juga sebagai kawan musyawarah jika ada masalah dan juga untuk penyambung keturunan.
Isteri yang bijak dan pandai akan sangat membantu bagi seorang suami, karena isteri yang bijak mampu mendidik anak-anaknya dan juga mampu untuk menjaga kehormatan suami, bahkan isteri bisa menjadi pengelola keuangan di dalam sebuah rumah tangga.
Permasalahannya adalah bagaimana cara mendapatkan seorang isteri yang sesuai dengan dirinya dan bisa membantunya dalam mengarungi kehidupan ini:
Rasulullah SAW bersabda yang sekira-kira maksudnya:
Ada empat kriteria dalam menikahi perempuan yaitu
1. Karena kecantikannya,
2. Karena hartanya,
3. Karena keturunannya,
4. Karena agamanya.
dan nikahilah perempuan karena agamanya pasti kamu akan beruntung.
Dari sabda Rasulullah tersebut dapat kita ketahui bahwa menikahi perempuan itu yang pertama kita perhatikan adalah agamanya sesuai dengan Firman Allah : “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa”, selanjutnya terserah masing-masing dari 3 point yang lain mana yang menjadi prioritas kedua, ketiga, dan keempat.
Dalam ilmu Fikih, Islam sangat menganjurkan adanya kafa’ah dalam mencari seorang isteri. Kafa’ah maksudnya adanya persamaan/kesesuaian dalam hubungan suami-isteri, baik ia dari segi harta, kecantikan, keturunan dan agama.
Penerapan Kafa’ah jika dijabarkan akan sangat luas sekali, Kafa’ah/persamaan dalam bidang pendidikan misalnya jenjang pendidikan suami-isteri jangan terlalu jauh karena bisa mengakibatkan komunikasi tidak nyambung. Kafa’ah dalam bidang kekayaan contohnya jika isteri lebih kaya dari suami dapat mengakibatkan isteri kurang menghormati suaminya, kafa’ah dalam segi ras bangsa, contohnya orang Asia seharusnya menikahi orang Asia jangan menikahi orang afrika atau Eropa karena memiliki perbedaan fostur tubuh,
Akan tetapi kafa,ah tersebut adalah sebatas anjuran saja bukan suatu keharusan. Jika anda ingin menikahi wanita yang lebih kaya dari anda, lebih terhormat, lebih baik, lebih besar, dll, itu tidak ada larangannya dalam Islam, yang penting ada 4 rasa yaitu:
• Rasa saling menyayangi
• Rasa saling mencintai
• Rasa saling menghormati
• Rasa saling memahami
Inti dari pernikahan itu sendiri adalah untuk melakukan ibadah kepada Allah, karena Rasulullah SAW mengatakan siapa yang sudah sanggup lahir dan bathin tetapi tidak mau menikah maka ia bukanlah dari golongannya.


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

terimakasih kebetulan belum berkelauarga ni. tulisannya bisa digedein nggak??

Komentar oleh cobaberbagi




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: